Selasa, 02 Juli 2013

Perbandingan Sistem melawan Ekonomi Komparatif

Pendekatan sistem komparatif meliputi studi tentang sistem ekonomi keseluruhan dengan lingkup yang luas dari tanda di atas dan dengan penekanan pada hubungan antara berbagai bagian dari sistem. Sebaliknya pendekatan ekonomi komparatif adalah pandangan parsial atau sektoral. Ia membandingkan ekonomi dalam kaitannya dengan komponen-komponen tertentu untuk pasar tenaga kerja misalnya, sifat dan operasi perusahaan besar, organisasi pertanian atau melakukan perdagangan luar negeri.
Tampaknya jelas bahwa ini harus dipertimbangkan saling melengkapi daripada pendekatan alternatif. Di satu sisi, pendekatan sektoral kebutuhan pemandangan seluruh sistem karena karakteristik sektor tertentu di negara tertentu ditentukan oleh sistem yang menjadi bagiannya. Di sisi lain, perbandingan sektoral meningkatkan pemahaman kita tentang sistem masing-masing secara keseluruhan. Oleh karena itu kedua pendekatan dan sintesis hasil diperlukan (jika label yang komprehensif merangkul baik pendekatan sistem perbandingan dan pendekatan ekonomi komparatif dianggap berguna, "studi perbandingan ekonomi" dapat melayani tujuan).
Disiplin melawan  Pendekatan Interdisipliner
Sejauh mana bisa analisis perbandingan sistem ekonomi, di sepanjang garis yang disarankan di atas, dilakukan secara eksklusif dengan alat-alat biasanya ditemukan dalam kotak alat ekonomi? Atau gunakan cukup besar harus dibuat konsep dan teknik disiplin lainnya, terutama sejarah, antropologi, ilmu politik, sosiologi, dan psikologi?
Mungkin lebih dari cabang lain dari ekonomi, perbandingan sistem ekonomi membutuhkan atau multidisiplin-pendekatan interdisipliner masih lebih baik. Beberapa aspek dari subjek mungkin perlu pendekatan ini untuk tingkat yang lebih besar daripada yang lain. Sebagai contoh, perbandingan ideologi melibatkan disiplin lain jauh lebih daripada perbandingan tingkat pertumbuhan.
Dalam bidang ini, seperti dalam orang lain, adalah tugas penyidik untuk menggunakan semua alat yang relevan. Dalam beberapa kasus, ia mungkin mendapatkan dan menggunakan mereka sendiri. Di lain solusi yang paling memuaskan adalah untuk mengamankan kolaborasi sarjana yang sesuai di bidang lain yang memiliki keterampilan disiplin tambahan. Ilustrasi termasuk bergabung bekerja dengan ekonom dan ilmuwan politik pada keputusan pemerintah alokasi sumber daya oleh ekonom dan phychologists pada manajemen perusahaan dan oleh para ekonom dan sosiolog (atau antrhopologists) pada kekuatan lain-budaya membentuk sistem ekonomi. Untungnya tren saat ini di lain disiplin ilmu sosial yang menguntungkan untuk kerjasama tersebut. Metode komparatif telah lama digunakan dalam antropologi. Dalam beberapa tahun terakhir studi banding yang sistematis telah menerima peningkatan perhatian baik di ilmu politik dan sosiologi. Perbandingan politik berkaitan dengan analisis transnasional dari konfigurasi sosial alam semesta kelompok kepentingan, partai politik, sikap ideologis seperti mereka membentuk dan perilaku kondisi politik dan struktur elit. Sosiologi Perbandingan dikhususkan untuk studi lintas-sosial kekerabatan, keluarga, dan perkawinan, pemerintahan dan birokrasi; stratifikasi sosial dan mobilitas, ekologi, sosiologi perkotaan dan kependudukan dan orientasi nilai budaya. Potensi untuk bantuan timbal balik dan fertilisasi silang antara bidang ini dan studi ekonomi komparatif jelas dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar